Submit Sitemap

Rabu, 10 Maret 2010

Universitas Surabaya - UBAYA - To Be The First University in Heart and Mind

Sebagian masyarakat mungkin masih asing dengan istilah Green University. Memang, istilah tersebut juga tergolong baru saja berkembang di Indonesia. Green University sebenarnya merupakan sebuah program universitas mengenai kepedulian terhadap lingkungan. Dengan adanya program tersebut, lingkungan yang sudah mulai rusak akibat ulah manusia ini bisa sedikit disembuhkan. Lalu bagaimana tanggapan arek-arek Ubaya mengenai Green University? Apakah mereka mengetahui hal tersebut? Let’s check this out!

Ternyata, sebanyak 70,66% responden WU mengaku tahu tentang Green University, sedangkan sisanya, 29,44% mengaku tidak tahu menahu. Ada beberapa kriteria suatu univeristas dapat dikatakan sebagai Green University. Sebesar 50,85% responden mengatakan kebersihan lingkungan kampus merupakan kriteria terpenting. Bahkan, Ayu, anak FBE mengaku akan menegur dengan tegas jika ada orang yang mencemari lingkungan. Berbeda dengan Ayu, Chandra dari FT yang mewakili 27,97% responden berpendapat bahwa penanaman pohon merupakan ciri khas dari Green University. “Tentunya, penanaman pohon ini juga harus diikuti dengan tidak melakukan pengrusakan tanaman,” tuturnya.

Banyak juga ternyata anak-anak Ubaya yang mengaku tidak cukup jika kriteria tersebut hanya satu, melainkan harus ada penggabungan dari beberapa kriteria yang ada. Hal tersebut dikemukakan Putra, mahasiswa FH mewakili 7,62% responden. Pemilahan sampah basah dan sampah kering juga tak luput dari perhatian arek-arek Ubaya. Sebanyak 5,93% responden memilih pemilahan sampah sebagai kriteria cukup penting. “Hal tersebut akan memudahkan untuk diproses nantinya,” ucap Widya, mahasiswi FP. Sedangkan sisa responden lainnya sebesar 5,08% memilih adanya smoking area dan 2,53% memilih penghematan energi sebagai kriteria Green University.

Dewasa ini Ubaya juga sedang menuju Green University. Sosialisasinya pun sudah cukup baik, hal tersebut dibuktikan dengan 88,14% responden mengetahui hal itu. Sisanya, 11,86% mengaku tidak pernah mendengarnya. Tentu saja ada beberapa manfaat yang didapatkan Ubaya dari kegiatan tersebut. “Lingkungan disekitar kampus sekarang menjadi lebih bersih, nyaman, dan tertata dengan rapi,” tutur Andrie dari FH. Lain Andrie, lain pula Nita. “Adanya gerakan go green dapat menyejukkan lingkungan di sekitar Ubaya,” papar mahasiswi FBE ini.

Harapan pun berdatangan dari mahasiswa melihat upaya Ubaya untuk menuju Green University. “Saya mengharapkan Ubaya menjadi universitas yang bersih, asri, dan nyaman untuk menuntut ilmu dan mengembangkan diri,” ungkap Faradilla, arek FBE. (ryl)

Diunduh dari :

Universitas Surabaya - UBAYA - To Be The First University in Heart and Mind

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Increase Page Rank